BEBRAS : BERFIKIR SECARA KOMPUTASI
BEBRAS : BERFIKIR SECARA KOMPUTASI
- Apa itu Bebras?
Secara harfiah "Bebras" adalah kata dalam bahasa
Lithuania yang berarti "Berang-berang" dalam bahasa Indonesia. Jadi, Bebras
adalah sebuah inisiatif untuk mempromosikan informatika ( ilmu komputer atau
komputasi) dan membantu berpikir secara komputasi bagi siswa di sekolah-sekolah
di berbagai jenjang. Biasanya siswa akan di bantu oleh seorang guru sebagai
pengawas dan fasilitator untuk mengintegrasikan tantangan-tangan bebas melalui
media Hp maupun komputer.
- Siapakah Tokoh pendiri
Bebras?
Beliau adalah Prof. Valentina Degiene dari Universitas Vinius,
Lithinia. Yang berkat jasanya kini Bebras telah diikuti dan di akses oleh
kurang lebih 50 negara di dunia. Salah satu poin penting yang menjadi pokok di Website
Bebras adalah ketrampilan berpikir komputasional.
- Apa itu berpikir
Komputasional?
Berpikir Komputasional (Computational Thinking) adalah
metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (Informatika).
Pemecahan masalah yang mencakup sejumlah karakteristik, seperti
: Analisis data, pembuatan solusi dari serangkaian masalah, dan kemampuan untuk
menangani kompleksitas permasalahan masalah dari seluruh disiplin ilmu dengan terbuka
dan rasa percaya diri menggunakan cara Berpikir Komputasional.
Berpikir Komputasional sangat penting di gunakan untuk
mendukung penyelesaian semua masalah disiplin ilmu (Matematika, Sains, Dan
lain-lain) siswa yang belajar secara Berpikir Komputasional di semua kurikulum
dapat melihat dan membandingkan lingkungan di dalam dan di luar sekolah secara
lebih efisien.
Di bebras Tugas menjadi pokok sangat penting baik untuk
pesaing (siswa) dan pengembang tugas (guru): siswa sedang "didorong"
untuk berpikir tentang informatika, sedangkan pendidik harus berpikir tentang
harmonisasi silabus ilmu komputer. Tugas kreatif dan menarik adalah dorongan
utama untuk tantangan Bebras.
Pengembang tugas Bebras berusaha untuk memilih tugas yang
menarik untuk memotivasi siswa untuk berurusan dengan informatika dan berpikir
lebih dalam tentang teknologi. Juga, mereka ingin meliput sebanyak mungkin
topik tentang informatika dan melek komputer. Dalam informatika, ada juga
masalah silabus. Bahkan jika ada standar pendidikan untuk informatika di
sekolah di beberapa negara, sampai sekarang tidak ada kesepakatan bersama apa
yang harus dimasukkan dalam silabus terintegrasi menggunakan teknologi
informasi.
Tugas pendek Bebras harus melibatkan konsep informatika
seperti algoritma dan program: sekuensial dan bersamaan; struktur data seperti
tumpukan, tumpukan dan antrian; pemodelan keadaan, aliran kontrol dan aliran
data; interaksi manusia-komputer; grafik; dll. Jika pernyataan masalah yang
tepat digunakan, maka hampir semua aspek ilmu komputer dan teknologi informasi
dapat menjadi topik tugas Bebras. Satu set tugas dan pertanyaan baru
dikembangkan dalam workshop internasional Bebras tahunan.
- Tugas Bebras yang baik
seharusnya :
1.
mewakili konsep informatika
2.
mudah dimengerti
3.
diselesaikan dalam 3 menit
4.
singkat, misalnya rapi di satu halaman layar
5.
dapat dipecahkan di komputer tanpa menggunakan
perangkat lunak lain atau kertas dan pensil
6.
Independen dari sistem tertentu
7.
menarik dan / atau lucu
Tugas-tugas praktis dalam informatika biasanya tidak dapat
dipecahkan dalam waktu 3 menit. Dengan demikian, tugas untuk tantangan Bebras
harus berkonsentrasi pada materi pembelajaran yang lebih kecil. Fokus dari
tugas harus pemahaman prinsip, ide dan konsep yang terlibat dalam sistem
informatika.
Interaktivitas sangat khas untuk komputer, sehingga jelas
bahwa kontes yang berorientasi komputer harus menerapkan elemen interaktif
untuk menjelaskan atau menyelesaikan tugas. Tugas interaktif ini sering
"lucu" dan mudah dimengerti. Elemen interaktif membutuhkan banyak
upaya programmer untuk mengimplementasikannya.
Sangat penting untuk memilih tugas yang menarik dan belajar
didorong dalam tantangan. Oleh karena itu, seseorang harus mencoba untuk
menyajikan tugas dari berbagai bidang sains dan kehidupan, dengan data nyata
dan situasi yang menarik. Pemilihan tugas untuk kontes sangat penting: mereka
harus mencakup sebanyak mungkin sub-bidang informatika.
Karena di situs web Bebras menekankan pengguna khususnya
siswa untuk terampil menggunakan perangkat lunak dan bisa menerapkan problem
solving yang terkait dengan bidang studi ilmu dan informatika, termasuk problem-problem
dalam bidang studi secara lebih sederhana. Selain keunggulan yang dimiliki oleh
bebras, bebras juga memiliki tantangan-tantangan yang harus di hadapi.
- Lokakarya Nasional
Berlangsung sekali dalam setahun untuk koordinasi komite Nasional
dengan mitra dan menetapkan soal-soal Nasional.
- Lokakarya untuk guru
Agar guru memperkenalkan konsep komputasi atau informatina kepada
siswa dan tantangan Bebras.
- Tantangan Bahasa
Komputasional
Di selenggarakan sesuai dengan jadwal yang di tetapkan oleh
komandan internasional. Biasanya di laksanakan Minggu ke-2 dan ke-3 bulan November
(Bebeas week)
Di bebras juga terdapat jenjang level dalam kegiatan yang di
selenggarakan di Bebras.
- Kategori tantangan bebras
apa aja?
1.
Siaga : untuk tingkat SD sederajat
2.
Penggalang : untuk SMP atau sederajat
3. Penegak
: untuk tingkat SMA dan sederajat
Situs - situs resmi Bebras :
Bebras.or.id :
Situs resmi Bebras Indonesia
Olympiade :
Situs Latihan Bebras Indoneaia
Komentar
Posting Komentar