BEBRAS : BERFIKIR SECARA KOMPUTASI


BEBRAS : BERFIKIR SECARA KOMPUTASI

  • Apa itu Bebras?
Secara harfiah "Bebras" adalah kata dalam bahasa Lithuania yang berarti "Berang-berang" dalam bahasa Indonesia. Jadi, Bebras adalah sebuah inisiatif untuk mempromosikan informatika ( ilmu komputer atau komputasi) dan membantu berpikir secara komputasi bagi siswa di sekolah-sekolah di berbagai jenjang. Biasanya siswa akan di bantu oleh seorang guru sebagai pengawas dan fasilitator untuk mengintegrasikan tantangan-tangan bebas melalui media Hp maupun komputer.
  • Siapakah Tokoh pendiri Bebras?
Beliau adalah Prof. Valentina Degiene dari Universitas Vinius, Lithinia. Yang berkat jasanya kini Bebras telah diikuti dan di akses oleh kurang lebih 50 negara di dunia. Salah satu poin penting yang menjadi pokok di Website Bebras adalah ketrampilan berpikir komputasional.
  • Apa itu berpikir Komputasional?
Berpikir Komputasional (Computational Thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (Informatika).
Pemecahan masalah yang mencakup sejumlah karakteristik, seperti : Analisis data, pembuatan solusi dari serangkaian masalah, dan kemampuan untuk menangani kompleksitas permasalahan masalah dari seluruh disiplin ilmu dengan terbuka dan rasa percaya diri menggunakan cara Berpikir Komputasional.
Berpikir Komputasional sangat penting di gunakan untuk mendukung penyelesaian semua masalah disiplin ilmu (Matematika, Sains, Dan lain-lain) siswa yang belajar secara Berpikir Komputasional di semua kurikulum dapat melihat dan membandingkan lingkungan di dalam dan di luar sekolah secara lebih efisien.
Di bebras Tugas menjadi pokok sangat penting baik untuk pesaing (siswa) dan pengembang tugas (guru): siswa sedang "didorong" untuk berpikir tentang informatika, sedangkan pendidik harus berpikir tentang harmonisasi silabus ilmu komputer. Tugas kreatif dan menarik adalah dorongan utama untuk tantangan Bebras.
Pengembang tugas Bebras berusaha untuk memilih tugas yang menarik untuk memotivasi siswa untuk berurusan dengan informatika dan berpikir lebih dalam tentang teknologi. Juga, mereka ingin meliput sebanyak mungkin topik tentang informatika dan melek komputer. Dalam informatika, ada juga masalah silabus. Bahkan jika ada standar pendidikan untuk informatika di sekolah di beberapa negara, sampai sekarang tidak ada kesepakatan bersama apa yang harus dimasukkan dalam silabus terintegrasi menggunakan teknologi informasi.

Tugas pendek Bebras harus melibatkan konsep informatika seperti algoritma dan program: sekuensial dan bersamaan; struktur data seperti tumpukan, tumpukan dan antrian; pemodelan keadaan, aliran kontrol dan aliran data; interaksi manusia-komputer; grafik; dll. Jika pernyataan masalah yang tepat digunakan, maka hampir semua aspek ilmu komputer dan teknologi informasi dapat menjadi topik tugas Bebras. Satu set tugas dan pertanyaan baru dikembangkan dalam workshop internasional Bebras tahunan.
  • Tugas Bebras yang baik seharusnya :
1.       mewakili konsep informatika
2.       mudah dimengerti
3.       diselesaikan dalam 3 menit
4.       singkat, misalnya rapi di satu halaman layar
5.       dapat dipecahkan di komputer tanpa menggunakan perangkat lunak lain atau kertas dan pensil
6.       Independen dari sistem tertentu
7.       menarik dan / atau lucu
Tugas-tugas praktis dalam informatika biasanya tidak dapat dipecahkan dalam waktu 3 menit. Dengan demikian, tugas untuk tantangan Bebras harus berkonsentrasi pada materi pembelajaran yang lebih kecil. Fokus dari tugas harus pemahaman prinsip, ide dan konsep yang terlibat dalam sistem informatika.
Interaktivitas sangat khas untuk komputer, sehingga jelas bahwa kontes yang berorientasi komputer harus menerapkan elemen interaktif untuk menjelaskan atau menyelesaikan tugas. Tugas interaktif ini sering "lucu" dan mudah dimengerti. Elemen interaktif membutuhkan banyak upaya programmer untuk mengimplementasikannya.
Sangat penting untuk memilih tugas yang menarik dan belajar didorong dalam tantangan. Oleh karena itu, seseorang harus mencoba untuk menyajikan tugas dari berbagai bidang sains dan kehidupan, dengan data nyata dan situasi yang menarik. Pemilihan tugas untuk kontes sangat penting: mereka harus mencakup sebanyak mungkin sub-bidang informatika.
Karena di situs web Bebras menekankan pengguna khususnya siswa untuk terampil menggunakan perangkat lunak dan bisa menerapkan problem solving yang terkait dengan bidang studi ilmu dan informatika, termasuk problem-problem dalam bidang studi secara lebih sederhana. Selain keunggulan yang dimiliki oleh bebras, bebras juga memiliki tantangan-tantangan yang harus di hadapi.



  1. Lokakarya Nasional
Berlangsung sekali dalam setahun untuk koordinasi komite Nasional dengan mitra dan menetapkan soal-soal Nasional.
  1. Lokakarya untuk guru
Agar guru memperkenalkan konsep komputasi atau informatina kepada siswa dan tantangan  Bebras.
  1. Tantangan Bahasa Komputasional
Di selenggarakan sesuai dengan jadwal yang di tetapkan oleh komandan internasional. Biasanya di laksanakan Minggu ke-2 dan ke-3 bulan November (Bebeas week)
Di bebras juga terdapat jenjang level dalam kegiatan yang di selenggarakan di Bebras.

  • Kategori tantangan bebras apa aja?
1.       Siaga : untuk tingkat SD sederajat
2.       Penggalang : untuk SMP atau sederajat
3.       Penegak : untuk tingkat SMA dan sederajat

Situs - situs resmi Bebras :
Bebras.or.id        : Situs resmi Bebras Indonesia
Olympiade          : Situs Latihan Bebras Indoneaia



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMT 2019 #26Labs_SATU