WISATA EDUKASI 2017

Wisata Edukasi 2017
Puspitek & Taman Mini Indonesia Indah
                        Pada hari Kamis,19 Oktober 2017. Kami, Siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta mengikuti rangkaian wisata edukasi yang sudah dijalankan SMP Labschool Jakarta sejak dulu. Tahun ini wisata edukasi diadakan di dua tempat, yaitu Puspitek,Serpong dan Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat TMII.
                             Pada jam 06.30 pagi, Kami sudah berada di Lapangan SMP untuk mengikuti\apel keberangkatan lalu pukul 07.00 aku dan teman-temanku sudah memulai perjalanan menuju Puspitek yang berada di Serpong. Jarak dari Labschool menuju Puspitek Serpong terbilang cukup jauh, memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Tetapi, 2 jam perjalanan tidak terasa bagiku, karena bus yang kita pakai untuk wisata edukasi kali ini sangat nyaman dengan fasilitas yang memadai, seperti music,microphone, akupun membawa kartu UNO untuk bermain di dalam bus. Kami juga dibagikan LKS yang harus kami isi selama wisata edukasi ini.



                             Kira-kira jam 09.00 pagi, kita sampai di tujuan pertama kita, yaitu Puspitek, Serpong. Puspitek sangatlah luas, lebih luas dari apa yang aku bayangkan, bayangkan saja, untuk pergi ke Auditorium yang terletak di tengah Puspitek, kita bisa memakan waktu 5-10 menit dari gerbang pintu masuk. Kami pergi ke Auditorium terlebih dahulu untuk acara penyambutan dan arahan umum tentang Puspitek. Puspitek memiliki banyak Laboratorium seperti Lab. Fisika dan Kimia. Sesudah mendapat arahan umum,kami kembali ke bus untuk menguji di salah satu laboratorium yang ada di Puspitek. Kelas saya mendapat Laboratorium Fisika atau P2F-LIPI, disana kita dibagi menjadi 4 kelompok, ada yang mengunjungi magnet, laser, baterai, mikroskop dan sebagainya. Aku mengunjungi Laboratorium Mikroskop, Tidak lupa sebelum masuk Lab, kami memakai jas Lab. Mikroskop disana sangatlah besar dan bisa melihat mikro-organisme sangatlah jelas. Disana juga sangat higienis, bahkan ketika ingin masuk laboratium, kami harus memakai crocs atau sandal karet yang sudah disediakan untuk menjaga kebersihan. Sayangnya, kami hanya diberi waktu 40 menit di dalam Lab. Kami juga mengadakan sesi tanya jawab dengan pemandu kami untuk mengisi LKS yang dibagikan saat kami di bus tadi. Lalu, kami foto kelas di depan Laboratorium dan kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan kami ke Taman Mini Indonesia Indah tepatnya di Sky world dan Dunia air tawar.

                             Jam 11.00 kami melanjutkan perjalanan kami ke Taman Mini Indonesia Indah. Dari Puspitek Serpong ke Taman Mini Indonesia Indah memakan waktu yang sama yaitu kurang lebih 2 jam. Kami dibagikan makan siang selama perjalanan ke TMII. Kami sampai di TMII kurang lebih pukul 13.00.  Sesampainya di Taman Mini Indonesia Indah, kami tidak langsung menuju Sky World, kami menunaikan shalat dzuhur di Masjid Diponegoro, TMII terlebih dahulu. Sesudah melaksanakan shalat dzuhur, barulah kami melanjukan perjalanan kami ke Sky world, di Sky world, seperti di Puspitek, kami mendapat penyambutan dan arahan umum dari pihak Sky world. Kami menonton video tentang tata surya, dan ternyata memakan waktu yang lama yang mrngakibatkan pembatalan rencana untuk ke Dunia air tawar. Di Sky world, aku melihat roket-roket yang dibikin oleh NASA,LAPAN, lengkap dari yang dibuat oleh Indonesia maupun Internasional, informasi tentang tata surya sangatlah lengkap disana. Kami juga mencoba 5D cinema yang disediakan oleh mereka. 5D cinema sangat bagus, aku merasa seolah-olah sedang berada diatas roller coster, apalagi dengan efek angin dan kursi yang bergerak. Tetapi, untuk masuk ke area 5D diperlukan waktu yang cukup lama, sampai-sampai membuatku sangat bosan, untung kami diberikan snack yang cukup untuk mengurangi rasa lapar dan bosanku. Setelah menonton 5D, kami tidak langsung pulang, kami melanjutkan menonton di planetarium yang ada di Sky world. Mungkin kalian akan bertanya, apa perbedaan planetarium yang ada di Sky wold dan Taman Ismail Marzuki? Menurut aku, planetarium disini lebih dibawakan dengan konsep modern, sedangkan yang di Taman Ismail Marzuki lebih sederhana. Setelah itu, karena ternyata kita sudah menghabiskan waktu sangat lama di Sky world, jadi perjalanan ke Dunia air tawar dibatalkan karena waktu yang tidak cukup. Ketika di Sky world, aku Bersama 3 orang temanku hampir tertinggal bus, tapi untungnya, kami masih bisa menumpang di bus selanjutnya yang akan pergi ke Masjid untuk melaksanakan shalat ashar sekaligus Maghrib. Ketika sampai di maghrib, saat itu kondisinya hujan dan aku harus basah-basah menuju bus kelas-ku untuk mengambil mukena lalu lari ke dalam masjid. Ketika selesai shalat, aku memeriksa kantong rok-ku dan menemukan kalau tidak ada HP-ku. Aku panik, aku kira “mungkin ketika aku mengambil mukena, HP-ku sudah aku taruh di kursi bus” aku langsung lari ke bus untuk mencari Hp-ku, tapi hasilnya nihil, aku tidak menemukannya, aku benar-benar panik, lalu temanku menyarankan untuk mencari di bus yang aku tumpangi ketika aku ketinggalan bus di Sky world, aku langsung lari walau hujan, benar saja, Hp-ku ada di kolong kursi yang tadi aku duduki. Lega sekali perasaanku saat itu, dan akhirnya, wisata edukasi kami selesai dan kami sampai di Labschool kira-kira jam 18.30.











































Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMT 2019 #26Labs_SATU